Rabu, 23 Agustus 2017

Hindari 10 Kebiasaan Penyebab Insomnia Ini

Pada kenyataannya, tanpa disadari, seseorang memiliki kebiasaan yang menyebabkan insomnia atau insomnia. Kebiasaan secara rutin dilakukan dan bahkan menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan, seperti dilansir www.sehat-ituaku.com Reader's Digest.

1. Jadwal tidur akhir pekan
Psikolog Michael Breus, PhD, pendiri website thesleepdoctor mengatakan bahwa tubuh membutuhkan konsistensi jam tidur, meski pada akhir pekan. Ketika orang bersosialisasi sampai tengah malam, di depan atau di akhir pekan, ritme tidur akan berubah dan berlanjut sampai hari senin.
Lihat juga: Memenuhi Dumolid, Obat Insomnia yang Menangkap Tora Sudiro-Mieke

2. Tidur terlalu cepat
Tanpa disadari, banyak orang yang bosan tidur lebih cepat. Ini adalah sinyal yang dikirim oleh tubuh karena sudah lelah dan butuh lebih banyak istirahat. Sayangnya jika Anda terbangun dari tidur awal, maka tubuh akan beradaptasi kembali. Seharusnya tidak terlalu dini untuk mulai tidur, meski badannya sudah lelah.

3. Tidak memiliki waktu tidur tetap
Bedtime bergantian sering membuat orang sulit tidur. Dengan ritme tidur tetap, tubuh akan mengirimkan sinyal lebih cepat untuk mengantuk. Atur alarm 60 menit sebelum tidur dan menghabiskan 20 menit pertama untuk menyelesaikan pekerjaan atau mengirim email, 20 menit untuk membersihkan (seperti menyikat dan mengganti piyama) dan 20 menit terakhir untuk mulai menutup mata Anda sebagai Meditasi atau membaca buku.

4. Meremehkan asupan kafein
Kita sering mendengar bahwa kafein membuat tidur menjadi sulit, namun sebenarnya delapan jam setelah konsumsi kafein terakhir, efeknya berangsur-angsur hilang. Bahayanya adalah jika Anda tidak secara sadar mengkonsumsi kafein lebih dari satu kali sampai menjelang tidur.
Lihat juga: Bahaya kurang tidur seperti yang dialami oleh Gadot Gal

5. sugesti
Para periset menemukan bahwa saran tersebut banyak berperan membuat orang lebih sulit tidur. Jika Anda sudah memikirkan diri Anda menderita insomnia, maka berpeganglah pada otak dan perilaku yang terbentuk di alam bawah sadar insomnia.

6. Bangun di tengah malam
Saat Anda bangun di tengah malam, banyak orang bangun dan melakukan hal-hal lain. Ini tidak dianjurkan karena tubuh menyesuaikan diri untuk mengaktifkannya kembali. Tinggallah di tempat tidur dan tutup mata Anda.

7. Terlalu Menyenangkan
Terkadang sesuatu membuat Anda begitu bersemangat dan tidak bisa berhenti memikirkannya. Kunci untuk jatuh tertidur dan menghilangkan antusiasme ini adalah dengan melakukan hal-hal yang membosankan sendiri. Lakukan ini agar pikiran menjadi terganggu dan mati rasa.
Lihat juga: Tidur Tujuh Jam Kunci Wanita Merasa Bahagia

8. Memainkan Gadget
Salah satu kebiasaan keramaian di era digital ini adalah bermain gadget. Hal ini membuat otak aktif bekerja dan tidak membuatnya mengantuk. Orang yang menderita insomnia sebaiknya menjauhi gadget atau televisi untuk tidur nyenyak.

9. Menonton jam
Menonton jam dan khawatir tidak tidur setelah berlalunya waktu meningkatkan risiko insomnia. Hal ini terkait dengan peningkatan produksi adrenalin dan kortisol, yang membuat Anda waspada dan cemas.

10. Perasaan berlangsung 8 jam
Dalam banyak kasus, orang dewasa sehat sebenarnya tidur kurang dari delapan jam, beberapa hanya tujuh atau bahkan tujuh setengah jam. Bila orang tidur lebih konsisten, mereka akan merasa lebih segar lebih lama dan mengalami masalah tertidur lebih awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar